BK FIP UNY TERIMA KUNJUNGAN BK UNIVESITAS PALANGKARAYA

Program Studi Bimbingan dan Konseling FIP UNY hari Rabu (10/04) menerima kunjungan mahasiswa dari BK FKIP Universitas Palangkaraya. Rombongan dari BK Universitas Palangkaraya berjumlah 42 mahasiswa yang didampingi oleh 2 dosen pendamping Prof. Dr. Helmuth Y. Bunu, M.Pd dan Nopi Feronika, S.Pd, M.Pd. serta 1 laboran BK yaitu Flory Anita Sari, S.Pd. Kunjungan tersebut diterima oleh pimpinan FIP UNY dalam hal ini diwakili oleh Dr. Suwarjo, M.Si., Dr. Cepi Safruddin A.J, M.Pd (wakil dekan II) turut menyambut ibu kabag, bapak-ibu kasubag FIP, pengurus prodi BK FIP UNY serta bapak-ibu dosen prodi BK .

Acara dibuka oleh Bapak Wakil Dekan I FIP UNY. Dalam sambutannya, beliau mengucapkan terimakasih banyak kepada Mahasiswa BK FKIP Universitas Palangkaraya yang telah mempercayakan Jurusan PPB/BK FIP UNY sebagai tempat tujuan untuk studi banding. Sambutan selanjutnya oleh Bapak Prof. Dr. Helmuth Y. Bunu, M.Pd yaitu sebagai dosen pendamping mahasiswa BK FKIP Universitas Palangkaraya. Beliau menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pimpinan I FIP UNY dan Kaprodi BK FIP UNY yang telah menerima mahasiswanya untuk melakukan studi banding di BK FIP UNY.

Dalam kunjungan tersebut mahasiswa BK Universitas Palangkaraya juga meminta untuk diisi dengan kegiatan workshop tentang “Konseling Kelompok”. Sebagai pemateri umum ibu Diana Septi Purnama, Ph.D memaparkan tentang konseling kelompok sebagai bagian penting dalam layanan bimbingan dan konseling, tahapan konseling kelompok, dan ketrampilan konseling kelompok. Setelah pemaparan materi umum kemudian kegiatan dilanjutkan dengan praktik konseling kelompok, peserta dibagi dalam 4 kelompok kecil(10-11 mahasiswa). Dalam kelompok kecil difasilitatori oleh 8 dosen dari BK FIP UNYyakni, Ibu Siti Aminah,M.Pd.,Septinda Rima Dewanti, M.Pd.,Luthfita Cahya Irani, M.Pd., Mitta Kurniasari, M.Pd., Chici Pratiwi, M.Pd., Yuli Nurmalasari, M.Pd., Widya Juwitasari, M.Pd., dan Ismarini Bekti Setiani, M.Pd.

Kunjungan dikemas dengan workshop ini bertujuan untuk menambah ketrampilan tentang konseling bagi para mahasiswa khususnya konseling kelompok, serta menambah wawasan tentang ke BK-an di Indonesia, turut hadir bapak Dr. Moh. Farozin, M.Pd. selaku ketua ABKIN dalam kegiatan audiensi. Dalam akhir kegiatan, dilakukan foto bersama serta kunjungan Laboratorium yang didampingi oleh laboran BK FIP UNY beserta asisten lab. (end).