Lokakarya Percepatan TAS Mahasiswa BK Angkatan 2012

Yogyakarta, (23/10). Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan prodi BK FIP UNY menyelenggarakan lokakarya Percepatan Penulisan Tugas Akhir Skripsi (TAS) Mahasiswa Angkatan 2012, Jumat, 23 Oktober 2015 di Ruang Abdullah Sigiti FIP UNY. Acara ini diselenggarakan dalam rangka  menyiapkan mahasiswa agar segera menyusun tugas akhir skripsi dan mampu menyelesaikan skripsi sesuai dengan waktu yang disediakan.

Fathur Rahman, M.Si. selaku ketua jurusan PPB/BK FIP UNY dalam acara tersebut mengatakan bahwa, Keberhasilan dalam mencapai tugas-tugas akademik di perguruan tinggi merupakan impian yang diidam-idamkan oleh mahasiswa. Salah satu indikator keberhasilan tersebut adalah masa studi yang sesuai dengan standar waktu yang telah ditetapkan. Berbagai upaya yang dilakukan, tidak terkecuali program studi BK UNY, yakni mendorong mahasiswa untuk menyelesaikan penulisan Tugas Akhir Skripsi (TAS) dalam waktu yang tidak terlalu lama yaitu diidealkan selama 6 sampai dengan 8 bulan.

Berdasarkan peta permasalahan akademik di prodi BK FIP UNY, Fathur Rahman, M.Si.selaku ketua jurusan menyampaikan bahwa sebagian besar mahasiswa menempuh masa studi kurang ideal, yakni 5 tahun. Problem tersebut disebabkan penyelesaian TAS yang tergolong lama, bahkan mencapai 1 tahun lebih. Ada beberapa faktor yang dapat menghambat mahasiswa dalam menyelesaikan TAS  yaitu lagi-lagi masalah klasik, diantaranya adalah mahasiswa kuliah sambil bekerja paruh waktu, mahasiswa kuliah dengan status menikah dan mahasiswa masih bingung menentukan judul atau topik skripsi dan lain sebagainya.

Selain pengarahan dari ketua jurusan, mahasiswa juga diberi motivasi oleh para narasumber dan mahasiswa diberi pembingbing skripsi. Setelah mahasiswa diberi pembimbing skripsi mahasiswa diharapkan untuk segera bertemu dengan pembimbingnya untuk melakukan konsultasi bimbingan dan kesepakatan-kesepakatan bersama antara keduabelah pihak. (end).