Kunjungan Studi Kampus Siswa SMA N 1 Mungkit Kota Magelang Ke Prodi BK FIP UNY

Rabu (4/2/15), Fakultas Ilmu Pendidikan khususnya jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan mendapat kunjungan studi kampus dari siswa SMA Negeri 1 Mungkid Kota Magelang. Rombongan yang berkunjung berjumlah kurang lebih 151 siswa dan didampingi 7 guru pendamping.

Penerimaan kunjungan tersebut bertempat di Ruang Abdullah Sigit FIP UNY, siswa siswi disambut dengan hangat oleh jajaran dekanat, ketua jurusan, sekretaris jurusan dan Bapak/Ibu Dosen jurusan PPB/BK FIP UNY. Acara dibuka dan disambut oleh Dekan FIP UNY, Dr. Haryanto, M.Pd. dan seluruh jajaran dekanat FIP UNY. Dalam sambutannya Bapak Dr. Haryanto, M.Pd. selaku dekan FIP UNY mengucapkan terimakasih kepada siswa siswi dan para guru pendamping SMA Negeri 1 Mungkid Kota Magelang atas kepercayaannya memilih FIP UNY khususnya ke jurusan PPB/BK FIP UNY sebagai tujuan kunjungan.

Dekan FIP UNY, Dr. Haryanto, M.Pd. dalam sambutannya mengenalkan semua jurusan yang ada di FIP UNY dan menginformasikan tentang program Pasca Sarjana, dimana hampir seluruh prodi di FIP sudah membuka untuk S2 dan S3 seperti prodi MP, TP, BK, PGSD, PLS, dan segera dibuka untuk S2 yaitu prodi PG PAUD dan PLB. Beliau juga memaparkan tentang animo masuk ke prodi BK FIP UNY. Sedangkan Wakil Dekan II Sungkono, M.Pd memaparkan mengenai beasiswa-beasiswa yang ada di UNY dan sarana prasarana serta fasilitas yang ada di FIP UNY.

Setelah acara penyambutan selesai, kegiatan dilakukan dengan sharing dan pengenalan seputar prodi Bimbingan dan Konseling oleh Ketua Jurusan PPB/BK FIP UNY, Fathur Rahman, M.Si. Dalam pemaparannya Bapak Fathur Rahman, M.Si. menjelaskan bahwa animo siswa untuk masuk ke jurusan PPB/BK FIP UNY sangat tinggi. Beliau berpesan kepada siswa agar para siswa menyiapkan diri dan berupaya untuk meraih prestasi akademik maupun non akademik, supaya ketika masuk ke perguruan tinggi mereka mempunyai daya saing dan keunggulan bersaing bagi siswa untuk masuk ke perguruan tinggi.

Ketua jurusan PPB/BK FIP UNY juga menyampaikan tentang profil lulusan prodi BK FIP UNY, dari hasil tracer study yang dilakukan bahwa kurang lebih 70% lulusan mahasiswa BK bekerja sebagai Guru Bimbingan dan Konseling disekolah-sekolah dan konselor sedangkan yang 30% lulusan mahasiswa Bimbingan dan Konseling bekerja disektor luar kependidikan misalnya perbankan, perdagangan dan lain sebagainya. (end.).