You are here
Kurikulum Prodi Bimbingan dan Konseling
Primary tabs
A. Latar Belakang
Salah satu indikator keberhasilan penyelenggaraan suatu program studi adalah sejauhmana lulusan yang dihasilkan dapat terserap secara optimal dalam dunia kerja yang relevan dengan latar belakang pendidikan yang ditempuh. Terkait usaha mempersiapkan profil kompetensi lulusan yang berkualitas, program studi Bimbingan dan Konseling meyakini bahwa instrumen utama untuk mencapai tujuan tersebut adalah kurikulum yang mampu menjawab kebutuhan stakeholder dan pengguna terkait. Kurikulum sebagai instrumen utama dalam penyelenggaraan satuan pendidikan harus selalu diperbaharui sesuai dengan dinamika perkembangan cakupan keilmuan dan kebutuhan yang berkembang.
Tuntutan perubahan dan pengembangan kurikulum program studi Bimbingan dan Konseling setidak-tidaknya dilatarbelakangi oleh berbagai faktor berikut. Pertama, program studi Bimbingan dan Konseling tidak dapat lepas dari kenyataan yuridis-formal yang menempatkan pendidikan sebagai ujung tombak kegiatan pembangunan sumber daya manusia. Pengakuan legal yang terdapat dalam Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru-Dosen semakin memperkokoh layanan Bimbingan dan Konseling sebagai salah satu layanan kependidikan yang sangat dibutuhkan dalam upaya meningkatkan pencapaian maksimal perkembangan kemandirian dan mendukung peningkatan prestasi belajar siswa di sekolah. Dengan demikian, orientasi utama yang akan dituju dari penerapan kurikulum program S1 BK adalah model bimbingan dan konseling dalam suasana pendidikan dengan dukungan kompetensi yang diperluas untuk penyediaan layanan bimbingan dan konseling bagi masyarakat umum, seperti lembaga industrial dan pengembangan sumber daya manusia, keluarga dan perkawinan, dan komunitas tertentu.
Kedua, program studi Bimbingan dan Konseling merupakan salah satu program yang bersifat unik dalam ruang lingkup tugas dan ekspektasi kinerja yang diharapkan. Keunikan ini sebagaimana tertuang dalam kebijakan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Depdiknas perihal Penataan Pendidikan Profesional Konselor dan Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Jalur Pendidikan Formal Tahun 2007 yang menyatakan bahwa ruang lingkup layanan, konteks tugas, dan ekspektasi kinerja konselor yang dihasilkan oleh program studi Bimbingan dan Konseling berbeda dengan ruang lingkup layanan, konteks tugas, dan ekspektasi kinerja profesional seorang guru yang dihasilkan oleh program kependidikan pada umumnya.
B. Struktur Kurikulum
MATA KULIAH UMUM (MKU) | |||
No | Kode | Mata Kuliah | SKS |
1 | MKU6301 | Pendidikan Agama Islam | 3 |
2 | MKU6207 | PKn | 2 |
3 | MKU6208 | Pancasila | 2 |
4 | MKU6209 | Bahasa Indonesia | 2 |
5 | MKU6210 | Statistika | 2 |
6 | MKU6211 | Bahasa Inggris | 2 |
7 | MKU6212 | Kewirausahaan | 2 |
8 | MKU6313 | KKN | 3 |
TOTAL | 18 | ||
MATA KULIAH UMUM PILIHAN (MKU) | |||
No | Kode | Mata Kuliah | SKS |
1 | MKU6215 | Ilmu Alamiah Dasar | 2 |
TOTAL | 2 | ||
MATA KULIAH UMUM KEPENDIDIKAN (MDK) | |||
No | Kode | Mata Kuliah | SKS |
1 | MDK6201 | Ilmu Pendidikan | 2 |
2 | MDK6202 | Psikologi Pendidikan | 2 |
3 | MDK6203 | Manajemen Pendidikan | 2 |
4 | MDK6204 | Sosioantropologi Pendidikan | 2 |
TOTAL | 8 | ||
MATA KULIAH FAKULTER (IPF) | |||
No | Kode | Mata Kuliah | SKS |
1 | PIF6201 | Psikologi Umum | 2 |
2 | PIF6202 | Pengantar Filsafat Pendidikan | 2 |
3 | PIF6203 | Epistemologi dan Logika Pendidikan | 2 |
4 | PIF6204 | Etika Pendidikan | 2 |
5 | PIF6205 | Pendidikan Nasional (Histori) | 2 |
6 | PIF6206 | Pendidikan Komparatif | 2 |
TOTAL | 12 | ||
MATA KULIAH KETERAMPILAN PROSES PEMBELAJARAN (MKKPP) | |||
No | Kode | Mata Kuliah | SKS |
1 | PBK6222 | Kurikulum Bimbingan dan Konseling | 2 |
2 | PBK6423 | Manajemen Bimbingan dan Konseling | 4 |
3 | PBK6224 | Pengembangan Media Bimbingan dan Konseling | 2 |
TOTAL | 8 | ||
MATA KULIAH PILIHAN PENUNJANG (MKPP) | |||
No | Kode | Mata Kuliah | SKS |
1 | PBK6338 | Metodologi Penelitian Bimbingan dan Konseling | 3 |
2 | PBK6639 | Tugas Akhir Skripsi (TAS) | 6 |
TOTAL | 9 | ||
MATA KULIAH MAGANG | |||
No | Kode | Mata Kuliah | SKS |
1 | PPL6301 | Praktik Kependidikan | 3 |
TOTAL | 3 | ||
MATA KULIAH PRODI | |||
No | Kode | Mata Kuliah | SKS |
1 | PBK6401 | Pengantar Bimbingan dan Konseling | 4 |
2 | PBK6302 | Bimbingan dan Konseling Pribadi-Sosial | 3 |
3 | PBK6203 | Bimbingan dan Konseling Belajar | 2 |
4 | PBK6204 | Bimbingan dan Konseling Karir | 2 |
5 | PBK6205 | Orientasi Profesi Bimbingan dan Konseling | 2 |
6 | PBK6206 | Komunikasi Antar Pribadi | 2 |
7 | PBK6207 | Bimbingan dan Konseling Kelompok | 2 |
8 | PBK6208 | Kesehatan Mental | 2 |
9 | PBK6209 | Teknologi Informasi dalam Bimbingan dan Konseling | 2 |
10 | PBK6210 | Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja | 2 |
11 | PBK6211 | Teknik Bimbingan | 2 |
12 | PBK6212 | Bimbingan dan Konseling Anak Berkebutuhan Khusus | 2 |
13 | PBK6413 | Teori dan Pendekatan Konseling | 4 |
14 | PBK6214 | Psikologi Abnormal dan Klinis | 2 |
15 | PBK6215 | Modifikasi Perilaku | 2 |
16 | PBK6216 | Psikologi Sosial | 2 |
17 | PBK6217 | Psikologi Kepribadian | 2 |
18 | PBK6218 | Psikologi Perkembangan Dewasa dan Lansia | 2 |
19 | PBK6219 | Asesmen IndividuTeknikTes | 2 |
20 | PBK6220 | Asesmen IndividuTeknik Non Tes | 2 |
21 | PBK6221 | Konseling Multikultural | 2 |
22 | PBK6225 | Analisis Data Non Parametrik | 2 |
24 | PBK6226 | Praktikum Bimbingan Klasikal | 2 |
25 | PBK6227 | Praktikum Bimbingan Kelompok | 2 |
26 | PBK6228 | Praktikum Konseling Kelompok | 2 |
27 | PBK6329 | Praktikum Asesmen IndividuTeknikTes | 3 |
28 | PBK6330 | Praktikum Asesmen IndividuTeknik Non Tes | 3 |
29 | PBK6231 | Penelitian Kualitatif | 2 |
30 | PBK6232 | Penulisan Karya Ilmiah | 2 |
31 | PBK6233 | Mikrokonseling | 2 |
32 | PBK6434 | Praktikum Konseling Individual | 4 |
33 | PBK6235 | Praktikum Studi Kasus | 2 |
34 | PBK6236 | Praktikum Diagnosis Kesulitan Belajar | 2 |
35 | PBK6237 | Seminar Proposal Tugas Akhir Skripsi | 2 |
TEMA PILIHAN 1 Bimbingan dan Konseling Keluarga * | |||
36 | PBK6240 | Psikologi Keluarga | 22 |
37 | PBK6241 | Manajemen Keluarga | 2 |
38 | PBK6342 | Problematika Keluarga dan Penanganannya (3 sks) | 3 |
39 | PBK6243 | Pengasuhan Anak | 2 |
TEMA PILIHAN 2 Bimbingan dan Konseling Masyarakat * | |||
40 | PBK6244 | Konseling Komunitas | 2 |
41 | PBK6245 | Patologi Sosial | 2 |
42 | PBK6246 | Rehabilitasi Sosial | 2 |
43 | PBK6347 | Pengembangan Komunitas (3 sks) | 3 |
TEMA PILIHAN 3 Bimbingan dan Konseling Pengembangan SDM * | |||
44 | PBK6248 | Perilaku Organisasi | 2 |
45 | PBK6249 | Manajemen Sumber Daya Manusia | 2 |
46 | PBK6350 | Analisis Jabatan (3 sks) | 3 |
47 | PBK6251 | Pembelajaran Orang Dewasa | 2 |
TOTAL | 104 | ||
TOTAL KESELURUHAN SKS | 146 |
Contact Us
Guidance and Counseling Study Program, Faculty of Education UNY
Colombo Street No. 1 Yogyakarta 55281,
- Phone : 0274-542183 Psw. 1312
- E-mail : bimbingan_konseling@uny.ac.id
Copyright © 2024,