Dua Mahasiswa BK Juara harapan 1 Lomba Essay Nasional 2018

Kabar baik datang dari mahasiswa Bimbingan Konseling atas nama Rizqi Lestari dari angkatan 2014 dan atas nama Nurraini Jatiwi Pertiwi dari angkatan 2015. Kedua mahasiswa tersebut berhasil menraih Juara Harapan 1 pada agenda Lomba Essay Nasional 2018 yang dilaksanakan pada tanggal 19 April 2018 di Universitas Negeri Gorontalo, dengan mengusung tema “Peran Konselor di Era Milenial”. Pada waktu yang sama, selain diadakan Lomba Essay Nasional, diadakan juga Lomba Media oleh Universitas Negeri Gorontalo.

Pada tahap final,kedua mahasiswa tersebut harus bersaing dengan 9 finalis lain pada cabang lomba tersebut. Essay mereka yang berjudul “Urgensi Peningkatan Kemampuan Resiliensi Konselor Sebagai Upaya Bimbingan bagi Generasi Milenial secara Optimal” banyak memuat unsur bahwa seorang konselor seharusnya bersikap adaptif dan kekinian mengikuti perkembangan zaman yang modern sehingga bisa menjadi sahabat siswa jika pada konsep pendidikan serta  tanpa harus menghilangkan kode etik profesi mereka.Rizqi lestari yang masih menjabat sebagai ketua pusat Imabkin dan Nurraini jatiwi putri sebagai staff Infokom pusat Imabkin menilai bahwa lomba essay tersebut sangat penting karena diharapkan sebagai langkah strategis untuk mempersiapkan diri sebagai seorang konselor di era modern seperti saat ini, khususnya dalam bidang pendidikan.Mengingat kian kompleksnya permasalahan di Indonesia, khususnya dalam bidang pendidikan.

Melalui kejuaran tersebut, mereka berharap dapat menjadikannya sebagai suatu upaya proses menambah wawasan dan pengalaman mereka. Harapan mereka semoga UNY dapat terus termotivasi untuk terus berprestasi dan berjuang dalam berbagai kejuaraan dan mendapat banyak prestasi dikancah regional, nasional maupun internasional. (Chasanda/Ridwan/End)