Conceptboard sebagai Alternatif Media Layanan Bimbingan Klasikal secara Online

Salah satu kendala yang dihadapi guru bimbingan dan konseling (BK) selama pandemi Covid-19 adalah memastikan para siswa terlibat aktif pada saat pembelajaran online. “Kita tidak dapat memastikan apakah siswa masih menyimak aktif dan terlibat aktif dalam pembelajaran ketika off-cam pada saat pembelajarn online” keluh salah satu guru BK di D.I Yogyakarta.

Mau tidak mau memanfaatkan media berbasis teknologi menjadi salah satu solusi dalam menyelenggarakan layanan BK secara online. Media yang digunakan tidak hanya harus menarik namun juga harus murah dan mudah digunakan. Menanggapi kebutuhan tersebut Prodi BK Universitas Negeri Yogyakarta menyelenggarakan pelatihan penggunaan conceptboard untuk guru BK.

Conceptboard adalah media berbasis website yang menawarkan tempat untuk berdiskusi dan berbagi pendapat dalam satu waktu untuk banyak orang. Ketika menggunakan Conceptboard kesan yang dirasakan seperti menuliskan pendapat di papan tulis bersama teman-teman. Seperti halnya aplikasi lain, kita bisa memilih untuk menggunakan aplikasi ini secara gratis maupun berbayar. Tentu yang berbayar menawarkan paket yang lebih lengkap, misalnya dapat melakukan video conference bersamaan dengan proses diskusi di board. Namun, fasilitas yang disediakan bagi pengguna gratis pun cukup lengkap. Satu hal penting yang sangat membantu adalah kita bisa melihat siapa saja siswa yang aktif di board walaupun tanpa melakukan video conference atau mendengar langsung pendapat mereka. Feel yang didapatkan adalah menikmati keaktifan siswa dengan cara yang berbeda, tanpa banyak suara.

Pelatihan Conceptboard yang diselenggarakan secara online pada tanggal 28 Juli 2021 dimotori oleh Tim PPM prodi BK yang beranggotakan Agus Triyanto, M.Pd, Widya Juwita Sari, M.Pd dan Septinda Rima D, M.Pd dengan melibatkan mahasiswa dan diikuti oleh 30 peserta dari anggota musyawarah guru BK (MGBK) SMA kota Yogyakarta. Meskipun dilakukan secara daring, peserta menunjukan antusias belajar yang tinggi. (Septinda/End)