HIMA PPB FIP UNY SELENGGARAKAN SEMNAS KESEHATAN MENTAL

Himpunan Mahasiswa Psikologi Pendidikan dan Bimbingan (FIP UNY) pada Sabtu, 2 November 2019 menyelenggarakan Seminar Nasional di Ruang Seminar Gedung Pascasarjana Baru Universitas Negeri Yogyakarta. Dengan mengangkat tema “Kupas Tuntas Gangguan Mental dalam Rangka Mewujudkan Kesehatan Mental” dihadiri sekitar 252 peserta berasal dari berbagai mahasiswa Universitas di Yogyakarta dan kalangan umum. Seminar Nasional ini diselenggarakan pukul 09.00-12.00 WIB yang dibersamai oleh dr. Jiemi Ardian, SpKJ seorang Mental Health Professional dan Afina Syifa Biladina yang merupakan penyintas Bipolar Disorder.

 

Seminar Nasional ini diselenggarakan untuk pertama kalinya sebagai sarana informasi tentang pentingnya Kesehatan Mental, faktor maraknya isu yang berkembang di masyarakat tentang gangguan mental maka dirasa perlu adanya penyelenggaraan Seminar Nasional ini.

 

Tepat pukul 09.00 WIB acara dimulai dengan penampilan apik dari Gema Paranada BK dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya dan mempersembahkan sebuah lagu yang berjudul “Yo Prokonco”. Acara semnas secara resmi dibuka oleh Dekan FIP UNY Dr. Sujarwo, M.Pd dan  dihadiri oleh Ketua Jurusan PPB Fathur Rahman, M.Si. beserta dosen-dosen Jurusan PPB lainnya kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi dari pembicara Afina Syifa Biladina dan dr. Jiemi Ardian, SpKJ.

 

Sebelum acara diakhiri, dalam seminar nasional ini juga diisi dengan penyerahan hadiah Lomba Poster tingkat Se-Pulau Jawa yang masih serangkaian dengan seminar nasional bertema “Kupas Tuntas Gangguan Mental dalam Rangka Mewujudkan Kesehatan Mental”. Juara I diraih oleh Athi Nur Auliati (Pendidikan Fisika UNY), Juara II diraih oleh Herdione Hellen Herdadian (SMA BOPKRI 2 Yogyakarta), dan Juara III diraih oleh Doni Firmansyah (Pendidikan Fisikan UNY)

 

Putri Milenia Gusdian, mahasiswa BK selaku ketua panitia dalam acara Seminar Nasional menungkapkan rasa bahagianya telah dapat menyelenggarakan kegiatan ini dengan lancar. “Diselenggarakannya seminar nasional ini sebagai sarana penyampaian informasi dan wawasan terkait kesehatan mental sebagaimana yang kita ketahui bersama bahwa isu ini masih sangat kurang disadari oleh masyarakat luas maka sangat dirasa perlu adanya kegiatan ini. Saya mengucapkan terima kasih kepada semua komponen yang terlibat baik peserta, pembicara, maupun panitia yang telah mendukung terselenggaranya acara ini,”ungkapnya. (Dwiki/end)